Pak Margono : “ Butuh waktu 10 tahun…”

Pernyataan diatas disampaikan Pak Margono, Kepala SMP Negeri 2 Sumpiuh,  disela-sela makan siang bersama Ketua Panitia Reuni Akbar Alumni SMP 2 Sumpiuh, Januar Setyo Widodo (Angkatan 1987) pada hari Sabtu (23/7) lalu. Makan siang bersama dengan menu tunggal bebek goreng di sebuah rumah makan bebek goreng di Sumpiuh itu juga diikuti beberapa guru SMP 2 Sumpiuh seperti Pak Sukarjo, Pak Windiarso, Pak Jayadi, Pak Baehaki dan seorang karyawan. Panitia Lokal (Panlok) yang juga ikut dalam makan siang itu diantaranya Bendahara Panlok, Wahyuni Jubaedah (Angkatan 1987), Koordinator Perlengkapan Juatno (Angkatan 1987), Sumarno (Angkatan 1988), Astuti (Angkatan 1988), Linda (Angkatan 1992), Yeni (Angkatan 1991), serta Suwarti dan Runci Marhaeni (keduanya Angkatan 1987).

Pernyataan Pak Margono itu dikaitkan dengan bantuan alumni berupa 10 (sepuluh) unit komputer dan 2 (dua) printer yang telah dikirimkan Panitia Reuni Akbar pada medio Juni 2011. Pak Margono menceritakan, pemerintah melalui program BOS (Bantuan Operasional Sekolah) telah mengalokasikan anggaran pembelian komputer tiap tahunnya. Namun anggaran yang dialokasikan hanya untuk satu komputer. Karena itu, lanjut Pak Margono, kalau pihak sekolah akan menambah komputer yang ada saat ini dengan sepuluh komputer tentu dibutuhkan waktu sepuluh tahun jika hanya mengandalkan anggaran BOS. Pernyataan Pak Margono tentu saja disambut tawa Pak Sukarjo dan Januar yang duduk satu meja.

Januar selaku Ketua Panitia Reuni Akbar memang telah merencanakan seminggu sebelumnya akan berkunjung ke sekolah, namun baru dapat terlaksana hari Sabtu (23/7) lalu. Selain untuk bersilaturahmi secara langsung untuk pertama kalinya dengan pihak sekolah, Januar juga mengecek kondisi persiapan Panlok dengan mengadakan rapat Panlok di sebuah ruang kelas setelah makan siang dengan pihak sekolah. Kedatangan Januar ini merupakan kedatangan pertama kalinya setelah lulus dari SMP 2 Sumpiuh tahun 1987 lalu, atau dua puluh empat tahun lalu.

Dari rapat dengan Panlok, Januar melihat persiapan Panlok untuk menghela perhelatan besar Reuni Akbar pada tanggal 1 September 2011 mendatang sudah mencapai 90%. Sisanya tentu saja kesuksesan acara pada hari-H. Undangan misalnya, dilaporkan Wahyuni, telah beredar sekitar 742 undangan dari total 800 undangan yang dicetak. Undangan ini meliputi undangan yang dibeli alumni, undangan kepada OSIS, karyawan dan Dewan Guru SMP 2 saat ini, undangan untuk para pensiunan guru maupun pensiunan karyawan, undangan mantan guru SMP 2 Sumpiuh yang masih aktif mengajar maupun undangan untuk tamu yang antara lain adalah Muspika Kecamatan Sumpiuh, Diknas dan para kepala sekolah di Sumpiuh. Perlengkapan yang meliputi panggung, tratag dan kursi-kursinya, dilaporkan Juatno telah clear dan siap pasang sehari sebelum acara Reuni Akbar. Tak ketinggalan Juatno juga sudah mempersiapkan hiburan organ tunggal dan seperangkat alat musik band. Kemampuan listrik sekolah pun disampaikan Juatno memadai untuk mendukung 10000 watt daya listrik yang dibutuhkan sound system yang ada. Konsumsi, bagian yang cukup kritis karena menyangkut makanan, pun dilaporkan Wahyuni telah siap, baik untuk kudapan (snack) maupun makan siang bagi seluruh yang hadir. Sementara untuk parkir dan pengamanannya, Koordinator Keamanan, Suyatman (Angkatan 1987) menyampaikan parkir disediakan di tiga lokasi di seputaran SMP 2 Sumpiuh dengan melibatkan Karang Taruna setempat, polisi dan Hansip. Dari sisi sosialisasi, segenap Panlok yang hadir menyatakan bahwa secara umum warga Sumpiuh sudah mengetahui adanya gawe besar ini. Sehingga sosialisasi melalui spanduk, baligo, selebaran dan stiker dianggap telah mencukupi. Namun diputuskan untuk tetap menjaga suasana menjelang pelaksanaan Reuni Akbar, pihak Panlok diminta Januar untuk bekerja sama dengan stasiun radio lokal yang memang telah ada di Sumpiuh. Untuk sosialisasi ini, ditambahkan Januar, Insya Allah informasi adanya Reuni Akbar Alumni SMP 2 Sumpiuh juga akan ditayangkan di RCTI mulai pertengahan Agustus ini.

Jika semua persiapan telah dilakukan dari hal-hal besar maupun kecil, maka diperkirakan setidaknya seribu orang akan menghadiri acara Reuni Akbar Alumni SMP 2 Sumpiuh pada hari Kamis, tanggal 1 September 2011 atau H + 3 Lebaran. Kita berdoa, agar hajatan besar ini dapat terlaksana dengan lancar tanpa kendala apapun, dan kelak memberi kebanggaan, kebahagiaan serta kemanfaatan bagi seluruh keluarga besar SMP 2 Sumpiuh. Karena meski kita telah merancangnya sedemikian rupa, tetaplah Tuhan yang akan menjadi penentu akhir.

Foto-foto lain :

This slideshow requires JavaScript.

***

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to Pak Margono : “ Butuh waktu 10 tahun…”

  1. agus/3A/92 says:

    semoga acara reuni akbar bisa sukses dan berjalan dgn lancar. Amin.
    Terus maju SMP 2 Sumpiuh !!!

  2. Prapti 3B/92 says:

    salut tuk panitia reuni akbar,mudah2an acaranya berjalan seperti yg diharapkan n memberi banyak manfaat tentunya……..Amin! .

  3. Bambang Bowo says:

    semoga acaranya lancar ……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s